Jasa Pengiriman Mobil Ke Papua Bisa? Begini Caranya!

Untuk pengiriman mobil ke Papua seringkali membuat banyak orang kebingungan. Pasalnya jarak yang jauh dari pulau Jawa membuat jasa pengiriman mobil ke Papua ini seringkali mengalami banyak kendala. 

Pengiriman Mobil Ke Papua Sulit! Benarkah Demikian?

Dijaman seperti sekarang ini mengirimkan barang dari satu tempat ke tempat lain adalah hal yang wajar.  Hal ini dipengaruhi oleh jarak pulau Papua yang memang terbilang cukup jauh dari pulau – pulau lainnya.  Khususnya jauh dari pulau Jawa yang mana Jawa merupakan central atau pusat semua aktifitas, termasuk masalah pengiriman.

Sebenarnya jarak yang jauh tak akan menjadi kendala yang berarti jika didukung dengan akses jalan yang baik.  Hanya saja,  di beberapa wilayah khususnya yang ada di Indonesia bagian timur bisa dikatakan bahwa kontur wilayah,  struktur geografi maupun akses jalannya yang terbilang sulit sehingga untuk menjangkau daerah – daerah tersebut diperlukan upaya yang cukup sulit dan lama.

Hal inilah yang mungkin menjadi alasan mengapa jasa pengiriman mobil ke Papua dikatakan sulit. Bahkan tak jarang pula banyak yang enggan untuk menggunakan pengiriman mobil ke Papua karena harga atau ongkos kirimnya yang mahal.  Hal ini sebenarnya cukup masuk akal mengingat beberapa alasan yang diungkapkan diatas. 

Solusi Untuk Atasi Kendala Pengiriman Mobil Ke Papua

Tidak bisa dipungkiri bahwa pulau Jawa merupakan pusat seluruh kegiatan yang ada di Indonesia.  Namun tentunya distribusi segala kebutuhan hidup tetap diupayakan harus menyeluruh ke seluruh nusantara.  Termasuk juga ke pelosok – pelosok tanah air yang kemungkinan masih ada yang sulit dijangkau. 

Sebenarnya permasalahan seperti ini bukanlah hal yang baru.  Hanya saja tak perlu dirisaukan karena kini sudah bermunculan jasa pengiriman mobil ke Papua yang mana akan menjamin bahwa pengiriman barang dari Jawa atau berbagai wilayah lain menuju Papua akan didistribusikan dengan baik. 

Hanya saja karena jarak yang jauh,  waktu tempuh yang tentunya lebih lama. Belum lagi masalah keadaan geografis yang kadangkala membuat proses distribusi lebih berat, menjadi salah satu penyebab mengapa biaya untuk jasa kirim mobil ke Papua jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan daerah – daerah lain yang ada di Indonesia.

Apalagi setelah memasuki area digital dimana transaksi jual beli online kian meningkat.  Dan tidak menutup kemungkinan bahwa masyarakat Papua pun juga ikut merasakan trend belanja online semacam ini.  Belum lagi termasuk proses distribusi pangan yang tentunya bagaimanapun caranya harus sampai ke masyarakat Papua. 

Namun permasalahan seperti ini sekarang sudah tidak perlu dikhawatirkan karena makin banyak jasa pengiriman seperti jasa kargo yang bisa membantu proses pengiriman barang ke Papua.  Apapun jenis barangnya, dimanapun lokasi pengirimannya bisa dilakukan dengan mudah.  Apalagi kini kebanyakan jasa pengiriman sudah menyediakan pengiriman dengan berbagai jalur seperti jalur darat,  udara dan laut sehingga proses pengiriman barang ke Papua tentunya menjadi semakin mudah.

Hanya saja yang perlu diingat adalah bahwa proses pengiriman barang ke Papua ini akan memakan waktu yang lebih lama yakni sekitar 2 sampai dengan 3 minggu.  Selain itu untuk biaya pengiriman atau ongkos kirimnya kemungkinan besar juga cenderung lebih mahal jika dibandingkan dengan wilayah lain. 

Hal ini disebabkan kondisi geografis Papua yang mana tidak semuanya mudah dijangkau.  Pengiriman barang dari tempat asal mungkin bisa cepat karena menggunakan jasa angkutan udara.  Hanya saja tidak semua daerah atau kota di Papua bisa dijangkau oleh pesawat komersial.

Biasanya pengiriman barang ke Papua akan dikirimkan menuju kota – kota besarnya lebih dulu.  Setelah itu baru didistribusikan ke lokasi yang ingin dituju.  Untuk proses distribusinya juga beragam.  

Jika memungkinkan dijangkau melalui darat maka akan dikirim menggunakan mobil. Namun jika ternyata aksesnya cukup sulit,  maka bisa juga dikirim menggunakan pesawat kecil seperti pesawat perintis. 

Jasa Pengiriman Mobil Ke Papua

Mungkin masih banyak orang yang ragu untuk melakukan pengiriman ke Papua.  Hal utama yang menjadi kendala tentunya adalah masalah biaya pengiriman yang tergolong mahal. Padahal jasa kirim mobil ke Papua kini sudah sangat baik karena dilengkapi dengan metode pengiriman dari berbagai jalur. 

Hal ini tentunya bertujuan agar kondisi alam Papua tak menjadi kendala untuk tetap memenuhi kebutuhan hidup masyarakat Papua.  Pengiriman bisa dilakukan dengan berbagai jalur seperti darat,  laut dan udara.  Ditambah lagi saat ini pembangunan infrastruktur juga sudah berkembang sehingga tentunya akan semakin mempermudah proses pengiriman dan pendistribusian barang maupun kebutuhan hidup masyarakat Papua.

Untuk bisa menggunakan jasa pengiriman mobil ke Papua semacam ini juga tak perlu harus berada dalam satu lokasi karena biasanya prosesnya bisa dilakukan via online.  Kebanyakan jasa pengiriman atau kargo memiliki website maupun sosial media yang bisa diakses dengan mudah.  Sehingga ketika masyarakat ingin menggunakan jasa pemasangan pengiriman khususnya untuk tujuan Papua, bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Transaksi juga tak perlu harus secara tatap muka karena semuanya bisa dilakukan secara online. 

Tips Memilih Jasa Kirim Mobil Ke Papua

Ketika berencana mengirimkan barang ke Papua,  tentunya ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Hal ini tentunya wajar mengingat ongkos kirim ke Papua tidaklah sedikit sehingga sangat disarankan untuk memilih jasa kirim mobil ke Papua yang terbaik. Lalu tips atau hal apa sajakah yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa pengiriman mobil ke Papua? 

Kredibilitas

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam memilih jasa pengiriman ke Papua adalah mengenai kredibilitas. Ketika suatu jasa kargo memiliki kredibilitas yang baik maka secara otomatis seluruh kualitas dalam jasa tersebut tak perlu diragukan lagi.  Anda bisa melakukan pengecekan melalui testimoni para pengguna jasa terdahulu maupun mengecek website maupun sosial medianya. 

Kelegalan Armada Pengiriman

Meskipun jasa ekspedisi sudah berpengalaman,  namun tetap penting rasanya untuk memastikan kelegalan alat transportasi yang digunakan untuk proses pengiriman. Pastikan legal karena tentunya menjadi masalah besar jika alat transportasi yang digunakan untuk mendistribusikan barang anda bermasalah. Tentunya juga akan berimbas pada waktu pengiriman barang anda. 

Biaya Jasa Pengiriman Mobil Ke Papua

Perlu diketahui bahwa biaya kirim ke Papua memang terhitung mahal.  Jadi pastikan anda sudah mengetahuinya dengan jelas sejak awal agar nantinya anda tak akan terkejut ketika melihat total biaya yang harus dikeluarkan. 

Jaminan (Asuransi) 

Jasa pengiriman yang berkualitas tentunya harus menyertakan layanan asuransi.  Mengapa?  Karena tidak akan ada yang bisa menjamin bahwa proses pengiriman barang selalu aman dan lancar tanpa kendala.  Dengan adanya asuransi ini akan mengcover jika barang anda di jalan mengalami kerusakan atau bahkan hilang. 

Memantau Resi

Memantau resi sangatlah penting. Umumnya jasa pengiriman yang berkualitas memiliki sistem yang dapat membantu para pengguna jasanya untuk melacak lokasi barang yang dikirim. Sehingga anda bisa sangat mudah dalam memantau keberadaan barang anda.  Bisa memastikan apakan barang bisa sampai sesuai estimasi atau tidak.

Dengan beberapa tips diatas tentunya akan membantu anda dalam menentukan jasa pengiriman seperti apakah yang layak dipilih.

Tinggalkan Balasan