Jasa Pengiriman Mobil Ke Medan Paling Murah Dengan PT IKE

Jasa Pengiriman Mobil Ke Medan Paling Murah Dengan PT IKE

Mengirim mobil antar pulau atau antar daerah dengan jasa pengiriman mobil ke Medan dari Jawa tentu memerlukan layanan yang terpercaya. Pasalnya pengiriman mobil, khususnya antar pulau sangat beresiko jika Anda tidak mengetahui tips mengirim mobil. Mobil tersebut akan menempuh perjalanan yang panjang tanpa pengawasan langsung dari Anda selaku pengirim.

Alasan Mengirim Mobil Dengan Jasa Pengiriman Mobil ke Medan

jasa pengiriman mobil ke medan

Setiap orang memiliki alasan tersendiri untuk mengirimkan mobil antar daerah atau antar pulau dengan jasa pengiriman mobil ke Medan. Berikut ini adalah beberapa alasannya

Mendapat Tugas Dinas Dari Kantor

Bagi para pegawai atau pejabat yang akan melakukan perjalanan dinas, beberapa instansi kadang mengirim mobil yang akan digunakan untuk operasional di tempat tujuan melalui jasa pengiriman mobil ke Medan sedangkan orang yang akan menggunakan mobil tersebut biasanya datang lebih akhir dan menggunakan sarana transportasi lain seperti pesawat. Mobil tersebut dapat dikirim bersama dengan barang-barang yang dibutuhkan selama bertugas di tempat tujuan tersebut.

Selesai Melaksanakan Studi atau Dinas

Selain untuk dinas atau tugas di suatu daerah, mobil yang sudah selesai digunakan juga perlu dikirim Kembali ke kota atau pulau asalnya. Dalam kasus lain, para mahasiswa yang sudah menyelesaikan kuliahnya di suatu pulau juga kadang membawa pulang mobilnya dengan bantuan jasa kirim mobil karena tidak dapat mengendarainya secara langsung.

Melakukan Jual Beli Mobil

Alasan lainnya orang menggunakan jasa pengiriman mobil adalah karena jual beli. Ketika Anda menjual atau membeli mobil yang berbeda daerah atau pulau, mobil tersebut dapat dikirim dengan bantuan jasa ekspedisi mobil. Jadi pihak penjual tidak mengirimkan mobilnya secara langsung kepada pembeli

Liburan Keluar Kota Maupun Luar Pulau

Alasan yang terakhir orang mengirim mobil dengan jasa ekspedisi adalah untuk liburan. Menggunakan kendaraan milik sendiri saat berlibur ke luar pulau memberikan kenyamanan tersendiri dibandingkan harus rental mobil yang nantinya juga memerlukan biaya tambahan. Mobil untuk liburan dapat dikirim dengan jasa ekspedisi sedangkan orang yang berlibur biasanya memilih naik pesawat.

Memilih jasa pengiriman mobil ke Medan yang terpercaya saja belum cukup karena ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar mobil yang dikirim selamat sampai ke tujuan. Berikut ini adalah beberapa cara aman untuk mengirim mobil melalui jasa ekspedisi.

Menginventaris Barang di Mobil

Pertama-tama inventaris barang-barang di dalam mobil dan di bagasi, khususnya barang-barang pribadi yang berharga. Mobil yang dikirim untuk pindah rumah atau keperluan dinas biasanya disertai dengan barang-barang pribadi. Hal tersebut bertujuan untuk menghemat biaya transportasi barang.

Jenis barang yang biasanya juga dikirim bersama mobil adalah buku, komputer, koper, dan lain sebagainya. Melakukan pendataan barang yang dikirim bersama mobil ini nantinya akan dilaporkan ke pihak asuransi. Jika barang tersebut hilang, maka pihak asuransi juga akan menggantinya sesuai dengan ketentuan.

Melakukan Dokumentasi Kondisi Mobil Sebelum Dikirim

Cuci mobil dan periksa setiap detail eksteriornya. Setelah itu foto dan dokumentasikan kondisi mobil tersebut. Cobalah untuk memotret dari beberapa sudut. Jadi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat pengiriman mobil, dokumentasi foto tersebut dapat digunakan untuk bukti klaim. Untuk memudahkan proses klaim asuransi, perlu disertakan catatan mengenai kondisi mobil.

Memastikan Mesin Dalam Kondisi Baik

Saat proses bongkar muat, mobil yang dikirim kadang harus dikendarai. Untuk itu,usahakan mesin dan sistem penggerak kondisinya baik. Jangan lupa untuk memeriksa ban, aki, oli gearbox, oli mesin, pendingin, dll. Bila perlu, diinformasikan ke pihak ekspedisi mengenai kendala yang sering dialami oleh mobil sehingga pihak ekspedisi lebih siap.

Mematikan Alarm

Tips selanjutnya adalah mematikan alarm mobil. Jika tidak mengetahui cara mematikannya, Anda dapat menghubungi dealer mobil atau pihak pemasangnya. Jika mobil sudah terlanjur dikirimkan dan alarm lupa belum dimatikan, pastikan pengirim diberi informasi mengenai cara menonaktifkan alarm tersebut.

Memilih Asuransi Mobil Terpercaya

Memilih perusahaan penyedia asuransi untuk ekspedisi bukanlah hal yang mudah. Pengirim kadang hanya diberi informasi yang bersifat umum misalnya premi yang murah dan jenis jaminan yang didapat. Tetapi mereka biasanya tidak memberikan informasi detail tentang asuransi khusus pengiriman mobil.

Cari informasi apakah asuransi tersebut meng-cover proses perjalanan pengiriman, bagaimana jika terjadi hal yang tidak terduga di dalam kapal, di dermaga, proses bongkar muat, dan berbagai resiko lainnya. Dalam hal ini, Anda sebaiknya berkonsultasi lebih dulu ke pihak jasa ekspedisi. Pastikan perusahaan ekspedisi tersebut menggunakan jasa asuransi terbaik untuk mobil Anda.

Memilih Jasa Pengiriman Mobil yang Sesuai Budget

Untuk mendapatkan tarif yang lebih hemat dari jasa pengiriman terpercaya, Anda dapat menggunakan pengiriman mobil port to port. Port to port merupakan layanan pengiriman mobil dari pelabuhan ke pelabuhan. Sementara itu bagi Anda yang ingin mendapatkan kenyamanan dalam pengiriman dan tidak mau repot, maka pilihlah jasa pengiriman door to door di mana proses pengiriman dilakukan dari tempat pengirim ke alamat tujuan yang telah ditentukan oleh pengirim.

Mencermati Jadwal Pengiriman Mobil

Di hari-hari tertentu, jasa pengiriman mobil kadang melayani jumlah pengiriman yang lebih banyak dibandingkan hari biasa misalnya saat hari raya Idul Fitri, Natal, libur akhir tahun, atau hari libur panjang lainnya. Untuk itu, usahakan untuk tidak menghindari waktu-waktu tersebut. Pasalnya dengan overload shipping, ekspedisi dikhawatirkan akan mengirim mobil secara terburu-buru tanpa memprioritaskan kualitas layanan mereka.

Memantau Setiap Proses Ekspedisi

Ketika Anda membuat pengajuan proses pengiriman mobil, usahakan untuk mendampingi tenaga yang bertugas di setiap detailnya mulai dari proses packing kendaraan, bongkar muat, hingga pengirimannya. Anda dapat menggunakan nomor resi untuk mendampingi petugas pengirim mobil dengan melacak status keberadaan mobil secara real time.

Memastikan Data Surat Jalan Ekspedisi Mobil

Pastikan setiap detail di surat jalan ekspedisi mobil sudah terisi sesuai kesepakatan dan sesuai dengan kondisi mobil yang ingin dikirim.

Memilih Jasa Ekspedisi yang Bereputasi Bagus

Saat ini ada banyak jasa sekali jasa ekspedisi mobil ke berbagai daerah dengan tarif dan keunggulan masing-masing. Dari sekian banyak layanan yang ada tentu ada beberapa yang bagus dan kurang bagus. Untuk itu pastikan Anda memilih jasa ekspedisi yang berkualitas.

Sebagian besar pengiriman mobil atau jasa pengiriman antar pulau menggunakan kapal Roro. Ini adalah kapal super besar yang memang digunakan secara khusus untuk memuat kendaraan roda empat mulai dari tipe sedang hingga tipe menengah. Selain itu mobil yang dikirim biasanya juga menggunakan container di mana mobil disimpan di dalam peti kemas atau container.

Demikian beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan jasa pengiriman mobil ke Medan. Pilihlah jasa ekspedisi yang sudah professional, menyediakan fasilitas dan sarana prasarana memadai serta memberikan tarif yang wajar. Dengan demikian Anda tidak perlu merasa khawatir selama pengiriman mobil tersebut. Selain itu pastikan Anda juga menggunakan jasa asuransi terpercaya untuk menjamin keamanan mobil Anda.

Jasa Pengiriman Mobil Ke Medan Lebih Murah Pakai PT IKE

Tinggalkan Balasan