Emang Ada Jasa Pengiriman Mobil Ke Kalimantan? Nih Kenalin PT IKE

Emang Ada Jasa Pengiriman Mobil Ke Kalimantan? Nih Kenalin PT IKE

Jasa pengiriman mobil ke Kalimantan saat ini semakin banyak dicari. Sesuai dengan namanya, jasa tersebut sangat membantu siapa saja yang akan mengirimkan mobil dari suatu daerah ke daerah lain, termasuk daerah yang berada di pulau lain misalnya dari Jawa ke Kalimantan. Mengirimkan mobil tentu tidak sesederhana dibandingkan dengan mengirimkan paket pada umumnya.

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan ketika ingin mengirimkan mobil melalui jasa pengiriman. Apalagi mobil termasuk barang berharga sehingga proses pengirimannya harus dipastikan dengan baik dan terjamin keamanannya sampai di tempat tujuan.

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan sebelum mengirim mobil adalah memilih jasa pengiriman mobil ke Kalimantan terpercaya. Jika sampai salah pilih, mungkin saja mobil yang dikirim tidak bisa sampai ke tempat tujuan. Selain itu, saat ini juga sering terjadi penipuan oleh oknum jasa pengiriman yang kurang bertanggungjawab.

Jasa Pengiriman Mobil yang Perlu Diwaspadai

Memilih jasa pengiriman mobil ke Kalimantan menjadi hal yang penting. Mengingat mobil merupakan barang berharga, tidak sedikit oknum yang membuka jasa pengiriman untuk menipu konsumen.

Ada beberapa ciri jasa pengiriman yang perlu diwaspadai dan meningkatkan resiko keselamatan mobil yang Anda kirim yaitu sebagai berikut:

Menawarkan Tarif Pengiriman Yang Murah Atau Tidak Wajar

Harga atau tarif pengiriman yang murah memang sangat menggiurkan. Namun dengan resiko yang tinggi dari pengiriman mobil, sebaiknya jangan terlalu mengambil resiko hanya karena tergiur dengan harga yang murah. Hal yang lebih penting dibandingkan harganya adalah keamanannya. Jadi jangan mudah tergiur dengan harga yang murah.

Jasa Pengiriman Belum Berpengalaman

Hal lain yang perlu diwaspadai adalah jasa pengiriman yang masih baru atau belum berpengalaman. Jadi jangan ambil resiko terhadap mobil Anda dengan memilih jasa pengiriman yang tidak jelas atau belum berpengalaman. Jasa yang belum berpengalaman biasanya belum tahu bagaimana cara menangani pengiriman mobil dengan baik sehingga bisa saja terjadi resiko kerusakan terhadap mobil Anda.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Oleh Pemilik Mobil Saat Mengirim Mobil

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan pengiriman mobil ke luar pulau menjadi bermasalah. Bahkan beberapa penyebab tersebut kadang adalah kesalahan dari pemilik mobil sendiri. Untuk itu berikut ini akan dijelaskan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengirim mobil supaya tidak bermasalah,

Lupa Melepas Komponen Eksterior Mobil

Ini adalah salah satu penyebab pengiriman mobil sering bermasalah. Komponen eksterior yang dimaksud adalah spoiler, spion, dll.

Lupa Menyalin Berkas Dokumen Mobil

Penyebab lainnya yang menyebabkan pengiriman mobil bermasalah adalah lupa menyalin berkas dokumen mobil. Jadi ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, pemilik akan kesulitan untuk melakukan klaim. Untuk itu, pengirim sebaiknya menyalin dokumen penting lebih dulu sebelum menyerahkan berkas dokumen pengiriman.

Lupa Mengecek Cairan Mobil

Para pengirim mobil biasanya hanya memperhatikan bagian fisik luar mobil sebelum mengirimkannya dan lupa mengecek cairan mobil. Padahal ini adalah hal yang sangat penting.

Cairan mobil yang dimaksud adalah aki dan bahan bakar. Kedua bahan tersebut perlu dipastikan tidak goyang atau tidak sedang bocor supaya terhindar dari hal-hal yang mungkin terjadi saat pengiriman.

Selain itu, pemilik kadang lupa mengisi bahan bakar yang cukup. Padahal ini sangat penting jika menggunakan jasa kirim mobil dengan model self driver.

Hal yang Disiapkan Sebelum Menggunakan Jasa Pengiriman Mobil ke Kalimantan

Setelah memperhatikan beberapa kesalahan dalam pengiriman mobil, berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan sebelum mengirim mobil ke luar pulau

Mengamankan Barang Penting

Agar pengiriman mobil ke luar kota lebih aman, jangan lupa mengamankan barang-barang penting di dalam mobil. Jika perlu, gunakan foto atau pulpen dan kertas untuk mencatat semua kondisi barang di dalam mobil seperti speedometer, audio, tablet, jok mobil, setir, pendingin, dll. 

Keluarkan Barang Penting yang Bisa Dikeluarkan

Jika memungkinkan, keluarkan barang-barang penting dari mobil untuk menghindari resiko kehilangan barang selama proses pengiriman. 

Mencuci Mobil

Cuci mobil dulu sebelum dikirim. Dengan mencucinya, Anda dapat memastikan bahwa bagian eksterior bodi mobil terlihat jelas misalnya ada yang lecet atau rusak sebelum dikirim. Setelah mobil dicuci bersih, jangan lupa untuk mendokumentasikan mobil tersebut berupa foto.

Pastikan saat melakukannya tidak ada bagian eksterior yang terlewat. Jadi, pengirim dapat memastikan bahwa mobil yang dikirimkan selamat sampai ke tujuan dan tidak mengalami kerusakan. Kalaupun terjadi kerusakan, Anda dapat mengetahuinya dengan cepat.

Mengecek Kondisi Mesin

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengecek kondisi mesin sebelum dikirim. Pasalnya mobil yang dikirim tersebut akan melalui perjalanan jarak jauh. Jadi pastikan kondisi mesin tidak bermasalah. Hal ini akan menghindari resiko mobil mogok dalam perjalanan.

Tips Memilih Jasa Pengiriman Mobil Terpercaya

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengirimkan mobil, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dipertimbangkan untuk memilih jasa pengiriman mobil terpercaya.

Tips tersebut selain bertujuan untuk mendapatkan jasa pengiriman dengan tarif yang terjangkau juga dapat memudahkan Anda untuk mencari jasa pengiriman yang aman dan terpercaya.

Jangkauan Pengiriman Luas

Setiap jasa ekspedisi mobil memiliki kapasitas jangkauan yang berbeda-beda. Bagi Anda yang berencana mengirim mobil ke luar pulau misalnya ke Kalimantan, maka sebaiknya pilihlah jasa ekpedisi mobil yang melayani pengiriman mobil antar pulau seperti dari Jawa ke Kalimantan, Sumatera, atau Sulawesi.

Memeriksa jangkauan pengiriman juga penting untuk mengetahui prosedur yang mereka gunakan saat melayani pengiriman mobil.

Menyediakan Sarana dan Fasilitas yang Memadai

Jasa pengiriman yang dipilih sebaiknya memiliki sarana seperti alat transportasi yang memadai dan menyediakan fitur tracking yang memungkinkan Anda untuk melacak status pengiriman secara online melalui nomor resi.

Lebih baik cari jasa yang menyediakan fitur cek tarif sehingga Anda dapat mengetahui estimasi biaya untuk pengiriman mobil ke alamat yang akan dituju. Fasilitas tersebut mungkin tidak mutlak dimiliki oleh setiap ekspedisi.

Tetapi jasa ekspedisi dengan fasilitas yang lengkap akan membuat Anda lebih nyaman untuk mempercayakan pengiriman mobil. Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kualitas packing mobil dari jasa ekspedisi tersebut, tenaga ahli bongkar muat, dan layanan asuransi yang diberikan.

Memilih Jenis Transportasi

Tips selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih jenis transportasi yang akan digunakan untuk pengiriman mobil. Secara umum ada beberapa jenis transportasi yang sering digunakan untuk pengiriman mobil yakni towing, car carrier, container, dan self driver.

Demikian beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa pengiriman mobil ke Kalimantan yang sebaiknya diperhatikan. Dengan memilih jasa ekspedisi yang terpercaya Anda tidak perlu khawatir atau waspada karena mobil Anda dikirim oleh jasa yang sudah berpengalaman dan terpercaya dengan biaya yang wajar. Selain itu, mobil Anda juga akan dipastikan sampai ke tempat tujuan dengan aman.

Jasa Pengiriman Mobil Ke Kalimantan Lebih Murang Dengan PT IKE

Tinggalkan Balasan