Jasa Pengiriman Barang Jakarta, Ini Tipsnya Agar Tidak Rugi!

Jasa pengiriman barang Jakarta, pengiriman barang biasanya tergantung dari tujuan pengiriman itu sendiri, apakah pengiriman dilakukan di dalam negeri ataukah ke luar negeri. Ada beberapa pilihan dokumen yang dibutuhkan untuk mengirimkan barang, seperti invoice, airwaybill, packing list, dan shipping instruction. Adapun penjelasannya ialah sebagai berikut!

Dokumen yang Dibutuhkan Untuk Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Jakarta

  • Shipping Instruction ialah suatu perintah pengapalan untuk pengiriman barang ke perusahaan freight forwarder.Biasanya terjadinya transaksi akan ditandai oleh adanya SI atau Shipping Instruction. SI ini memuat nama beserta alamat pengirim, alamat dan nama penerima, jumlah barang, dan keterangan barang.
  • Invoice, merupakan dokumen yang didalamnya terdapat data-data paket barang kiriman yang berisi tentang harga barang.
  • Packing list, merupakan dokumen yang didalamnya memuat beberapa data barang yang dikirimkan, berisi berat, jenis, ukuran, serta jumlah barang.
  • Airwaybill, ialah surat jalan, biasanya disediakan penyedia jasa ekspedisi yang isinya berupa alamat dan nama pengirim, alamat dan nama penerima, tanda tangan pengirim, penyedia jasa, dan tanggal transaksi.

Biasanya dokumen-dokumen di atas harus ada di setiap pengiriman barang, terutama untuk barang berbentuk paket atau non dokumen. Namun ada pula untuk pengiriman barang tertentu diperlukan dokumen tambahan berupa copy NPWP, copy SIUP, MSDS (biasanya untuk barang berbahaya), sertifikat karantina (pada pengiriman buah-buahan), sertifikat fumigasi (bagi barang yang terbuat dari bahan kayu), sertifikat POM (bagi makanan), serta dokumen lainnya sesuai jenis barang kiriman.

Umumnya kelengkapan dokumen tersebut diatas dilakukan untuk pengiriman dalam jumlah besar atau partai dan pengiriman ke mancanegara.

Pertimbangan Proses Pengiriman Barang

Sebelum Sobat mengirimkan barang ke jasa pengiriman barang Jakarta, sebaiknya pertimbangan beberapa hal berikut ini :

1. Packing

Packing adalah sebuah tempat atau wadah yang diterapkan di bagian luar paket yang dipakai untuk melindungi barang yang dikirimkan. Ada beberapa jenis packing yang digunakan tergantung isi barang atau paket yang dikirim, biasanya packing bisa berbentuk box karton, plastik atau styrofoam, palet kayu atau triplek.

Jenis packing atau kekuatan packing sendiri sangat berpengaruh pada apakah barang kiriman bisa selamat sampai tujuan tanpa terjadinya kerusakan.

Pada proses packing ini harus dilihat jenis barangnya itu sendiri, sebab beberapa ekspedisi biasanya tidak mau mengangkut atau mengirimkan barang pecah belah apabila packing yang Sobat buat tidak cukup kuat. 

Harus diingat, bahwa dalam proses ekspedisi barang biasanya akan dilakukan banyak proses handling, seperti barang kiriman diambil dari tempat Sobat, di simpan di gudang ekspedisi, dimuat di truk atau ketika proses pemuatan di dalam pesawat atau sesudah barang sampai di tujuan. Jadi, semakin banyak terjadinya handling, akan semakin besar pula resiko terjadinya kerusakan barang.

2. Pengiriman Barang Via Udara

Jika Sobat IKE mengirimkan barang via udara, alangkah  baiknya tanyakan ke jasa pengiriman jasa terlebih dahulu seberapa berat atau besar barang diperbolehkan naik lewat udara. Sebab untuk beberapa tujuan tertentu Sobat tak diperbolehkan mengirimkan barang yang  beratnya melebihi jumlah yang telah ditentukan.

3. Pengiriman Barang Via Darat

Pengiriman barang lewat darat biasanya bisa memakai truk, kereta, atau bis. Carilah jasa ekspedisi yang menawarkan pengiriman yang telah terjadwal tentang proses pengiriman barang tiap harinya. 

4. Pengiriman Barang Via Laut

Jika muatan barang Sobat IKE banyak misalnya sekitar 20-25 m3, alangkah baiknya Sobat melakukan booking 1 container 20 feet saja. Atau bisa booking 1 unit truk, yang nantinya truk ini bisa langsung naik ke kapal. Apabila muatan barang kiriman yang dikirim hanya sedikit, jadi mau tak mau barang Sobat harus digabungkan bersama barang lainnya.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengirimkan barang menggunakan jasa pengiriman barang Jakarta via darat, udara, dan laut. Sebenarnya penting sekali, mencari jasa ekspedisi barang yang bisa melayani pengiriman barang lewat udara, darat, maupun laut.

Sobat IKE bisa memilih PT. INDONE Kargo Ekspress karena jasa ekspedisi Kami menerima jasa pengiriman barang lewat darat, udara, dan laut serta sudah memiliki legalitas yang terjamin. Jadi, jangan ragu pilih jasa pengiriman IKE untuk keperluan pengiriman barang Sobat!

Tinggalkan Balasan