Wajib Tahu! 5 Jasa Pengiriman Barang di Indonesia Yang Paling Populer

Wajib Tahu! 5 Jasa Pengiriman Barang di Indonesia Yang Paling Populer

Kalian pasti sering menggunakan jasa pengiriman barang di Indonesia, kan? Pastinya sering karena dimasa pandemi seperti ini banyak orang yang melakukan jual-beli menggunakan jasa pengiriman barang. Selain mudah, penggunaan jasa ini juga menghemat energi. Kamu tinggal menunggu di rumah dan barang yang kamu beli sudah diantar dengan sendirinya. 

Perkembangan Jasa Pengiriman Barang di Indonesia

Melejitnya jasa pengiriman ini tidak lepas dari aktivitas masyarakat. Di masa pandemi seperti aktivitas daring semakin meningkat. Banyak orang melakukan jual-beli melalui media sosial. Bahkan, aktivitas ini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang akan terus bertahan. Bagaimana tidak?  Belanja online menawarkan kemudahan saat berbelanja dan banyaknya diskon yang diberikan. Untuk itu jasa pengiriman ini semakin meningkat penggunaannya. 

Dengan adanya tren belanja online ini, jasa pengiriman barang di Indonesia semakin perkembang. Munculnya  jasa-jasa pengiriman barang membuat persaingan dalam bidang ini semakin keras pula. 

Frekuensi penggunaan jasa ini semakin meningkat dibandingkan sebelumnya. Pada masa pandemi ini tingkatnya mencapai 39%. Kebanyakan masyarakat menggunakan jasa kurir untuk membeli barang dari e-commerce. 

Daftar Jasa Pengiriman Barang di Indonesia

Semakin banyak pengguna jasa pengiriman maka semakin banyak pula usaha pengiriman barang yang bermunculan. Tidak tanggung-tanggung, bahkan ada perusahaan e-commerce yang membuka jasa pengirimannya sendiri.  Berikut ini jasa pengiriman barang di Indonesia yang populer.

1. Jasa Pengiriman Pos Indonesia

Jasa ini adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Usaha ini dikelola oleh Pemerintah Indonesia yang bergerak dibidang Pos yang sekarang menjadi perseroan terbatas dan lebih dikenal sebagai PT. Pos Indonesia. 

Jasa ini didirikan pada era VOC, layanan Pos pertama kali dibangun di Batavia (Jakarta) dan pendiriannya pada tanggal 20 Agustus 1746. Berdirinya Pos Indonesia juga dibuat jalan raya pos yang menghubungkan jalan Jawa Barat dan Jawa Timur menjadi lancar dan semakin cepat. Pembangunan jalan tersebut membuat PT.Pos berpindah pusatnya di Bandung dan akhirnya jatuh ke tangan rakyat Indonesia pada tanggal  27 September 1945. Bisa dibilang PT.Pos Indonesia adalah tempat pengiriman barang pertama kali yang ada di Indonesia. 

Meskipun sekarang banyak usaha jasa yang bermunculan Pos masih tetap bertahan sampai sekarang dan jasanya masih digunakan di desa-desa. PT. Pos Indonesia ini juga sebuah jasa pengiriman murah jika akses jalannya sangat jauh seperti di luar pulau Jawa.

2. Jasa Kurir JNE

PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir adalah nama asli dari JNE. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 26 November 1990, dan pendirinya adalah H.Soeprapto Suparno. Awal berdirinya perusahaan ini hanya untuk menangani kepabeanan/ impor pengiriman barang/ dokumen. Pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia. Perusahaan ini merupakan sebuah divisi yang bertujuan mengurusi perkuriran internasional. 

Tentu saja pihak JNE melihat peluang bisnis di daerah domestik sehingga mengembangkan bisnisnya. Melalui persaingan domestik JNE menerima banyak keuntungan. Akhirnya mereka mengembangkan bisnisnya dari bidang logistik dan distribusi. Namun, selama bertahun-tahun JNE dan Tiki terus berkembang dan menjadi perusahaan yang memiliki tugas masing-masing. Sekarang ini JNE dan TIKI berdiri secara sendiri-sendiri. Pihak JNE pun telah memiliki logo dan manajemennya sendiri. Dua perusahaan ini kini saling bersaing secara bisnis.

3. Jasa Kurir J&T

Jasa pengiriman barang di Indonesia yang satu ini di awal kemunculannya telah mendapat respon yang positif. J&T atau J&T Express ini merupakan sebuah perusahaan yang dipercaya para pelaku perusahaan online dalam pengiriman barangnya. 

Perusahaan ini menawarkan gratis pengambilan barang ditempat. Sesuai dengan slogan “ Gratis Jemput di Tempat” tawaran seperti ini pasti disukai oleh para penjual online. Mereka tidak perlu susah-susah untuk pergi ke expedisi untuk mengantar barang.  Para penjual tinggal menghubungi kurirnya dan barang akan diambil  lalu siap dikirimkan. 

Untuk sistem pengiriman barang J&T ini tidak ada paket kilat atau khusus tetapi hanya melayani paket reguler. Namun, waktunya malah melebihi paket kilat dan khusus. Kecepatan sampainya malah mengalahi pihak lainnya. Jika perusahaan lain pada hari minggu paket akan terpancing tetapi untuk J&T tetap akan dikirim. 

4. Jasa Kurir Si Cepat

Jasa pengiriman ini merupakan perusahaan yang paling diminati lainnya selain J&T dan JNE. Pada awal kemunculannya Si Cepat juga memberikan tawaran menarik. Jasa ini memiliki pelanggan yang bertumbuh dengan cepat pula. 

Si Cepat sendiri didirikan pertama kali pada tahun 2004 yang meliputi transportasi darat dan udara. Dengan motto “Your delivery our priority”, Si Cepat memberikan komitmen akan menjadi partner terpercaya khususnya bagi para pebisnis online dan e-commerce di seluruh Indonesia. 

Pengguna Si Cepat kebanyakan adalah para perusahaan online yang mempercayai pengiriman barang pada jasa ini yang berharap pengirimannya juga makin cepat sesuai dengan namanya. Perusahaan ini juga mengklaim bahwa pengiriman barang dengan rute dalam kota akan sampai kurang dari 15 jam.

5. Jasa Pengiriman barang keluar Negeri Ninja Express

Perusahaan Ninja Express merupakan expedisi perluasan asal Singapura. Program perluasan pasar yang mereka lakukan sudah dilakukan lebih dulu ke berbagai negara tetangga termasuk Indonesia. Saat ini mereka telah menangani lebih dari 3.000 pengguna dan mampu mengirimkan barang sekitar 15.000 paket setiap harinya. 

Pengirimannya bukan tergolong pengiriman barang cepat, estimasinya sekitar 4-7 hari kerja. Pengiriman tercepat yaitu 4 hari kerja dengan seorang kurir yang disebut Ninja. Mereka biasanya langsung menyodorkan smartphone untuk menandatangani pengiriman barang dan setelah itu akan muncul tanda terima barangnya. Hal ini adalah kecanggihan yang ditawarkan NinjaXpress. Dengan mudah laporan penerimaan barang akan masuk ke email. seperti saat ini memudahkan pengguna yang mengandalkan teknologi dengan baik. 

Manfaat Penggunaan Jasa Pengiriman Barang Di Indonesia

1. Untuk Pengiriman dokumen penting

Kalian pasti tahukan bahwa jasa pengiriman tidak hanya mengirimkan barang saja, mereka juga melayani pengiriman dokumen penting. Jasa ini sangat membantu, karena tidak perlu susah-susah mengirimkan dokumen penting itu ke tempat tujuan dengan menggunakan jasa ini akan lebih menghemat waktu.

2. Pengiriman barang secara kilat atau cepat

Menggunakan jasa kirim bisa membuat barang atau dokumen kita terkirim dengan cepat. Kamu tidak perlu susah-susah mencari kurir, tinggal hubungi pihak expedisi untuk mengambil barang atau dokumen kamu kemudian barang akan langsung dikirim dengan cepat. Tentu kamu bisa memilih jasa expedisi yang terpercaya untuk barang atau dokumen kamu.

3. Kepercayaan akan terjamin dengan adanya sistem garansi

Jika kamu mengirimkan barang berharga atau dokumen berharga akan mendapat garansi dari perusahaan pengiriman tersebut.  Sehingga kamu akan merasa lebih aman ketika barang tersebut hilang di perjalanan. Pihak expedisi sudah menyiapkan jaminan ganti ruginya. 

4. Melakukan ekspor dan impor dari luar negeri jadi lebih mudah

Dengan adanya jasa pengiriman barang di Indonesia yang menyediakan jasa pengiriman ke luar negeri maka anda akan dengan mudahnya mengirimkan barang ke luar negeri.

Beri Penilaian

Tinggalkan Balasan