Cargo Murah Surabaya Medan Menjadi Andalan Kirim Barang

Pengiriman Barang Dalam Jumlah Besar Dengan Menggunakan Cargo Murah Surabaya Medan

Cargo murah Surabaya Medan – Cargo merupakan semua barang yang diangkut melalui jalur darat, udara ataupun air baik antar wilayah dalam satu negara maupun secara internasional. Barang-barang tersebut biasanya dimanfaatkan untuk diperdagangkan.

Kegiatan ekspor impor barang semakin banyak dengan memanfaatkan cargo. Hal ini karena semakin banyak pula pedagang yang mengirim dan membeli dagangan dalam skala internasional. Jadi untuk lebih efektif digunakan cargo untuk mengangkut barang dalam jumlah yang banyak.

Jenis-jenis Cargo

Berdasarkan penanganannya ada dua jenis cargo yaitu general cargo dan special cargo.

1. General Cargo

General cargo adalah barang-barang kiriman yang bersifat umum di mana barang tersebut tidak memerlukan penanganan khusus. Pengiriman harus memenuhi semua persyaratan dengan mengikuti aspek keselamatan. Pakaian, peralatan kantor dan rumah tangga adalah contoh barang dalam kategori ini.

2. Special Cargo

Cargo murah Surabaya Medan akan memberikan penanganan khusus untuk barang dengan kategori special cargo. Penanganan harus sesuai dengan regulasi yang ada serta patuh dengan persyaratan ynag ditetapkan. Pengiriman barang jenis special cargo biasanya menggunakan jalur udara.

Benda yang termasuk special cargo seperti AVI (hewan hidup). Serta PER (perishable goods atau barang yang mudah rusak), HEA (barang dengan berat luar biasa), dan lain-lain.

Selain itu ada juga Irregularity Cargo. Merupakan cargo yang tidak sesuai dengan ketentuan saat proses penerimaan atau pengiriman. Irregularity Cargo dibagi menjadi empat macam.

3. Missing Cargo

Missing cargo adalah cargo yang tidak bisa ditemukan dan mengacu pada sumber pemberitahuan. Irregularitasnya ada dua. Yaitu hilang di tempat pemberangkatan (origin station) dan hilang di tempat tujuan (destination station).

4. Damage Cargo

Untuk jenis ini cargo tidak hilang namun dalam keadaan yang sudah rusak. Baik rusak isinya maupun packagingnya.

5. Deterioration

Keadaan di mana cargo mengalami kerusakan maupun penurunan mutu. Hal ini sering terjadi pada benda PER atau barang yang mudah rusak. Contohnya sayur, telur, ikan, dan lain-lain.

6. Overload Cargo

Pengiriman cargo gagal karena kapasitas armada pengangkut sudah mencapai batas maksimal. Sayangnya semua kelengkapan dokumen berupa manifest dan lain sudah tersedia.

7. Found Cargo

Found cargo adalah cargo yang berada di stasiun yang bukan merupakan tujuan pengiriman cargo tersebut.

Persyaratan Penerimaan Cargo

Ketika menggunakan cargo murah Surabaya Medan tentu saja ada berbagai ketentuan agar cargo bisa diterima. Cargo harus dalam keadaan Ready for Cariiage, syaratnya.

  1. Air Way Biil

Pengisian air way bill harus dengan cermat dan benar sesuai dengan peraturan yang ada.

  1. Documentation

Semua dokumen pendukung cargo harus siap dan lengkap sesuai dengan keperluan.

  1. Marking of Package

Seperti pengiriman paket pada umumnya harus ada keterangan yang jelas. Harus mencantumkan nama dan alamat lengkap pihak yang akan menerima barang.

  1. Packing

Packing atau pengemasan barang haruslah sesuai dengan ketentuan. Setiap barang memiliki cara yang berbeda dalam pengemasannya. Packing harus mampu menjamin barang sampai ke tujuan dengan aman.

  1. Labelling of Package

Label harus mudah untuk dilihat. Label dan tanda lain yang sudah rusak atau lama perlu untuk diganti.

  1. Shipper Declaration of Dangerous Goods

Merupakan dokumen yang menyatakan bahwa barang cargo termasuk barang berbahaya. Pengisian dokumen haruslah lengkap sesuai peraturan yang ada serta membutuhkan tandatangan.

  1. Shipper Certification for Live Animals

Merupakan dokumen yang menyatakan bahwa barang cargo adalah hewan yang masih hidup. Pengisiannya juga harus lengkap sesuai peraturan. Serta perlu membubuhkan tandatangan.

Proses Pengiriman Cargo

Setiap jasa pengiriman seperti cargo memiliki tata cara tersendiri dalam menangani pengiriman cargo termasuk cargo murah Surabaya Medan. Secara umum proses pengiriman cargo dalam jumlah besar adalah sebagai berikut.

1. Pemesanan

Pada tahap ini pengirim cargo harus melengkapi data dengan dokumen yang diperlukan seperti KTP dan NPWP. Hal ini bertujuan untuk mempermudah ketika ada masalah yang muncul maka komunikasi dapat dilakukan dengan mudah. Pengirim juga harus menerangkan barang apa yang akan dikirim secara rinci.

2. Penerimaan

Penyedia jasa biasanya menyediakan kontainer kosong sebagai tempat untuk barang yang diterima. Pengirim memiliki hak untuk memutuskan apakah kontainer cocok untuk barang yang akan dikirim atau tidak. Kontainer yang digunakan akan menyesuaikan dengan jenis barang yang akan dikirim.

3. Penentuan berat

Penyedia jasa akan memberikan penjelasan tentang berat maksimal dari kontainer untuk pengiriman. Ukuran kontainer biasanya dari 20ft sampai 45ft. Untuk jenis kontainer ada dry, reefer serta kontainer spesial.

4. Memperhatikan ketentuan untuk barang tertentu

  1. Barang mudah rusak

Barang seperti buah dan sayur sebaiknya disimpan pada peti kemas dengan jumlah yang tidak terlalu banyak ataupun tidak terlalu sedikit.

  1. Benda cair

Ada banyak kendala untuk pengiriman benda cair. Agar aman benda cair sebaiknya dimasukkan ke dalam tangki. Untuk lebih menjamin keamanannya bisa dengan mengelasnya dengan kontainer.

Teliti dalam Mengirimkan Barang Cargo

Dalam mengirim barang tentu saja tidak boleh ada kesalahan hingga barang tidak sampai pada pihak yang tepat ataupun ada keterlambatan. Hal yang perlu diperhatikan dalam mengirimkan barang adalah.

1. Packing barang

Pengirim harus menjamin barang yang akan dikirim sudah dikemas dengan rapat dan aman. Beberapa jasa pengiriman akan memberikan pengaman tambahan. Namun akan lebih baik jika memang sudah memberikan pengaman tambahan agar lebih yakin barang sampai dengan aman.

2. Memberitahukan isi barang

Pengirim sebaiknya menginformasikan jenis barang yang dikirim secara jujur. Karena jika saat pengecekan isi barang tidak sesuai dengan yang diinfokan maka barang akan diperiksa dengan cara membukanya. Hal ini sudah menjadi prosedur sehingga pengirim maupun penerima harus bersedia mengikutinya.

3. Memeriksa nomor resi

Untuk mendapatkan informasi tentang keadaan paket sebaiknya pengirim maupun menerima mengetahui nomor resi. Sehingga keduanya dapat melacak posisi paket.

4. Penulisan nama dan alamat

Tujuannya tentu saja agar paket tidak salah sasaran. Penulisan nama haruslah jelas. Alamat sebaiknya dicantumkan selengkap mungkin seperti menyertakan nomor rumah, rt, rw, dan kode pos.

Untuk pengiriman barang ke luar negeri sebaiknya turut melakukan beberapa hal berikut.

5. Mengetahui regulasi negara tujuan

Dengan mengetahui semua peraturan negara tujuan untuk pengiriman barang maka pengiriman akan aman dan lancar. Beberapa negara memberikan pembatasan tentang jenis barang ataupun jumlah barang yang akan dikirim.

6. Memberikan pengaman tambahan

Pengiriman paket ke luar negeri tentu memakan waktu semakin lama. Jadi perlu adanya pengaman tambahan untuk menjamin barang sampai dengan sempurna. Bisa dengan menggunakan plastik bubble atau dengan kayu.

7. Memilih jasa yang terbaik

Pilih jasa pengiriman yang terpercaya seperti cargo murah Surabaya Medan dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Selain itu bandingkan harga dari beberapa penyedia jasa. Akses yang mudah seperti pelacakan paket juga menjadi salah satu pertimbangan.

Cargo Murah Surabaya Medan Lebih Murah Dengan PT IKE

Tinggalkan Balasan