Cargo Murah Bekasi: Jangan Samakan Cargo dengan Ekspedisi

Cargo Murah Bekasi: Jangan Samakan Cargo dengan Ekspedisi

Pengiriman Ekspedisi dan Kargo: Apa Bedanya, Ya?

Cargo Murah Bekasi – Dalam urusan pengiriman barang, biasanya Anda akan menemukan dua istilah berikut ini: pengiriman ekspedisi dan pengiriman cargo. Kalau begitu, apa ya perbedaan di antara keduanya? Dan opsi pengiriman manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak penjelasannya berikut ini !

Nomor Telepon / WA Customer Service PT IKE

Atau klik tombol di bawah ini untuk langsung chat dengan CS kami

Baik pengiriman kargo lewat cargo murah Bekasi seperti PT Indone Kargo Ekspress, maupun pengiriman ekspedisi, keduanya pada dasarnya sama-sama punya tujuan pelayanan yang sama, yaitu pengiriman barang, seperti dokumen atau barang lainnya. Masyarakat sendiri beranggapan bahwa pengiriman ekspedisi adalah pengiriman untuk skala atau volume yang lebih kecil, sedangkan pengiriman kargo adalah pengiriman untuk barang yang skala maupun volumenya jauh lebih besar. Nah, apakah anggapan tersebut benar ?

Seperti Apa Pengiriman Ekspedisi itu ?

Untuk pengiriman barang ekspedisi, biasanya pihak perusahaan penyedia jasa pengiriman tidak menentukan berapa besar berat minimal barang. Jadi, bisa dibilang barang yang bobotnya ringan pun tetap bisa dilayani dan akan dikirimkan ke alamat tujuan. Hanya saja, dengan catatan bahwa hitungan biaya pengiriman nanti dilakukan berdasarkan berat atau kilogram barang, dengan pembulatan ke atas. 

Misalnya, barang yang akan Anda kirim beratnya hanya 500 gram atau 0,5 kilogram. Dengan begitu, biaya pengiriman akan dikenai biaya pengiriman 1 kilogram. Kalau barang yang dikirim beratnya 1,5 kilogram, biaya pengiriman yang dikenai adalah biaya untuk 2 kilogram.

Di samping itu, pengiriman ekspedisi juga melayani pengiriman door to door, yang artinya barang akan dikirim langsung ke alamat penerima. Dan sekarang, melihat perkembangan pesat bisnis online di Indonesia, tak sedikit perusahaan penyedia jasa pengiriman ekspedisi yang juga melayani penjemputan barang. Dengan demikian, Anda tak perlu lagi harus repot-repot ke agen terdekat untuk mengirimkan barang, terutama jika volume penjualan harian Anda setinggi.

Pengiriman Cargo

Sedangkan untuk pengiriman cargo, layanan tersedia untuk pengiriman dengan berat barang atau paket yang lebih besar. Bahkan, berat minimum paket sudah ditentukan, misalnya 10 kilogram atau sampai 50 kilogram. Untuk berat minimal paket, Anda bisa pastikan langsung dengan agen atau jasa cargo murah Bekasi terdekat, seperti PT Indone Kargo Ekspress.

Karena berat paket yang jauh lebih besar dibandingkan pengiriman ekspress, apakah ini berarti biaya pengirimannya lebih mahal? Rupanya tidak, bahkan setelah Anda hitung biaya pengiriman per kilogramnya langsung. Hal ini dikarenakan jasa pengiriman cargo yang memang sudah mengkhususkan diri untuk pengiriman barang dengan jumlah banyak maupun skala besar, sehingga biaya pengiriman per kilogram yang dikenakan akhirnya juga lebih murah. 

Karena itu, cargo cocok untuk Anda pelaku bisnis yang berperan sebagai supplier atau distributor yang perlu memasok produk ke pelanggan Anda. Atau, Anda bisa manfaatkan jasa pengiriman cargo untuk menerima barang dari supplier atau distributor Anda dalam jumlah besar. Pengiriman kendaraan ke luar kota juga biasanya bisa dilayani dengan menggunakan pengiriman cargo.

Hanya saja, perlu Anda perhatikan bahwa layanan pengiriman cargo umumnya tidak melayani pengantaran door to door maupun penjemputan paket. Artinya, Anda juga perlu memikirkan transportasi untuk membawa paket ke agen cargo, atau menjemput paket.

Di samping itu, jenis pengiriman cargo biasanya dibedakan ke dalam tiga kategori: cargo darat, cargo laut, dan cargo udara. Masing-masing tentu memiliki kecepatan, kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Jadi, pelajari terlebih dahulu agar Anda bisa menemukan opsi pengiriman cargo yang tepat, ya!

Nomor Telepon / WA Customer Service PT IKE

Atau klik tombol di bawah ini untuk langsung chat dengan CS kami

Tinggalkan Balasan