Jasa Cargo Jenazah Garuda Indonesia x PT IKE : Tarif Lebih Murah!

Jasa Cargo Jenazah Garuda Indonesia x PT IKE : Tarif Lebih Murah!

Bukan hanya barang saja yang bisa dikirim menggunakan cargo Garuda Indonesia, namun anda juga bisa mengirim jenazah menggunakan cargo jenazah Garuda Indonesia. Nantinya, barang-barang yang akan dikirim via cargo Garuda Indonesia akan diangkut berbarengan dengan pesawat penumpang. Termasuk juga dengan jenazah, nantinya jenazah yang akan anda kirim akan diangkut bersamaaan dengan pesawat penumpang menuju tempat tujuan jenazah tersebut.

Aturan Khusus Cargo Jenazah Garuda Indonesia

Akan tetapi untuk pengiriman jenazah, cargo jenazah garuda memberlakukan aturan khusus. Beberapa diantaranya adalah :

  1. adanya kejelasan mengenai riwayat sakit jenazah,
  2. adanya kejelasan tentang siapa keluarga dari jenazah tersebut,
  3. dan pihak pengirim harus mencantumkan surat keterangan resmi dari rumah sakit atau pihak yang berwajib agar status jenazah yang dikirim tersebut benar-benar jelas.

Aturan khusus tersebut dibuat agar sebab  kematian, serta tujuan jenazah benar-benar jelas dan bisa dipertanggungjawabkan. Karena bagaimanapun juga pihak jasa cargo jenazah hanya bertindak sebagai fasilitator pengangkut jenazah, sehingga mereka tidak akan bertanggung jawab atas apapun yang nanti akan terjadi pada jenazah tersebut. 

Aturan khusus tersebut juga dibuat agar nantinya jenazah bisa sampai di tempat tujuan dengan keadaan baik dan tidak terkendala apapun. Jika jenazah tersebut sudah jelas siapa keluarganya maka jenazah bisa dengan mudah dipindahkan dari cargo pesawat menuju rumah duka.

Tarif Cargo Jenazah

Mengenai masalah biaya, pada umumnya harga cargo jenazah Garuda Indonesia akan cukup berbeda dengan harga cargo lainnya seperti untuk hewan, barang, dan lain-lain. Biasanya, biaya yang harus dikeluarkan untuk pengiriman jenazah, baik itu untuk tujuan domestic maupun mancanegara adalah sebesar 200 persen dari biaya kirim normal. 

Lantas bagaimanakah cara menghitung berat jenazah? Apakah akan ditimbang seperti cargo pada umumnya? Jawabannya adalah tidak sama sekali. Berbeda dengan barang cargo lainnya, jenazah tidak akan ditimbang beratnya, namun berat jenazah tersebut akan dibulatkan menjadi 200 kg. Namun jangan salah, karena perhitungan berat tersebut sudah termasuk dengan peti mati jenazah tersebut. 

Syarat Pengiriman Jenazah

Karena mengangkat barang yang tidak biasa, maka untuk mengangkut cargo jenazah, Garuda Indonesia juga menerapkan beberapa syarat khusus. Beberapa diantaranya adalah :

1. Jenazah Sudah Di Formalin

Lantas, apakah diperbolehkan jika jenazah tidak di formalin? Hal ini akan sangat tergantung dari kondisi jenazah serta keputusan dari instansi karantina dan kepolisian.

Akan tetapi pada umumnya jenazah yang akan dikirim menggunakan jasa cargo jenazah Garuda Indonesia harusalah di formalin terlebih dahulu. Hal tersebut agar jenazah tidak menimbulkan bau yang bisa menyebar dan merambat di dalam compartment cargo dan kemudian masuk ke dalam kabin penumpang. Jika hal itu terjadi, maka hal tersebut sangat merugikan karena bisa mengganggu ketenangan dan kenyamanan para penumpang yang ada di kabin pesawat.  

2. Memiliki Surat-surat

Selain harus di formalin, jenazah yang akan dikirim via cargo Garuda haruslah memiliki surat keterangan dari instansi kesehatan atau karantina dan juga dari pihak kepolisian.Satu lagi hal penting yang harus anda ingat ketika anda ingin mengirim jenazah via cargo Garuda Indonesia adalah jenazah harus didampingi oleh seorang pendamping atau yang biasa disebut dengan escort. Disamping itu, anda juga harus mengingat bahwa batas akhir pengiriman jenazah via cargo jenazah Garuda Indonesia adalah 90 menit sebelum jadwal keberangkatan jenazah.

Selain itu, untuk mengirim jenazah utuh, tulang, atau abu dari jenazah ada lagi syarat yang harus dipenuhi oleh pihak pengirim jenazah. Beberapa diantaranya adalah pengirim harus melampirkan surat keterangan kematian, surat keterangan yang menjelaskan bahwa jenazah sudah diformalin dari rumah sakit atau rumah duka, foto copy KTP milik jenazah serta pendampingnya, dan yang terakhir adalah surat keterangan dari badan karantina. 

Tata Cara Pengiriman Cargo Jenazah

Agar jenazah utuh, tulang, atau abu bisa  dikirim melalui jasa cargo jenazah dengan pesawat anda juga diharuskan untuk mematuhi beberapa prosedur. Beberapa prosedur tersebut diantaranya adalah anda harus menghubungi pihak cargo service center atau CSC, atau anda juga bisa menghubungi contact center Garuda Indonesia Cargo untuk melakukan reservasi, dan memberitahukan kota tujuan jenazah, memilih jadwal penerbangan yang diinginkan, serta konfirmasi ukuran peti jenazah dengan berat kurang dari 200 kg. 

Setelah anda melakukan beberapa prosedur diatas, maka jenazah akan dibawa ke CSC terdekat dari kota asal maksimal 90 menit sebelum jadwal keberangkatan, atau bisa juga sesuai dengan waktu yang telah diinfokan sebelumnya oleh Cargo Service Center dengan membawa beberapa dokumen pendukung. Adapun beberapa dokumen pendukung tersebut adalah sebagai berikut ini: 

  • Memiliki Surat kematian dari rumah sakit
  • Surat Pengantar dari RT atau RW
  • Surat Pengantar dari kepolisian
  • KTP milik jenazah sebanyak 2 lembar
  • Dan beberapa dokumen pelengkap lainnya

Cargo Jenazah PT Indone Kargo Ekspress (PT IKE)

PT IKE adalah perusahaan ekspedisi terbaik di indonesia! dengan memiliki layanan yang lengkap menjadikan cargo ini berbeda dengan cargo lainnya. Tidak hanya melayani jasa pindahan rumah, pengiriman hewan, pengiriman mobil, pengiriman motor, pengiriman makanan beku. PT IKE juga dapat menangani pengiriman jenazah dan bahkan menjadi salah satu layanan andalah PT IKE.

Pengiriman jenazah ini sangat aman dan on time sehingga pihak keluarga dapat segera menyiapkan acara pemakaman selagi menunggu jenazah sampai. PT Indone Kargo Ekspress bekerja dengan profesional tanpa menunda pekerjaan hingga pelayanan yang diberikan dapat semaksimal mungkin.

Mengapa Harus PT IKE ?

1. Pengiriman Tepat Waktu

Jenazah memiliki sifat yang mudah busuk apabila tidak disuntik formalin. Maka dari itu setiap jenazah yang di kirim dari luar pulau dengan jarak tempuh akan di berikan suntik formalin. Meski demikian pengiriman yang ontime sangat di butuhkan bagi pihak keluarga jenazah untuk segera di kebumikan.

PT IKE selelu mengupayakan pengiriman sampai tepat waktu sehingga pihak keluarga tidak terlalu lama menunggu. Pelayanan yang maksimal inilah yang menjadikan PT Indone Kargo Ekspress direkomendasikan untuk layanan cargo jenazah Garuda Indonesia.

2. Memiliki Tim yang Profesional

Kinerja tim yang kompak dan profesional tentunya akan mendapatkan hasil yang baik sehingga pelanggan senang dan puas atas pelayanan tim. Ketika pelanggan senang maka perusahaan akan selalu diingat dan direkomendasikan kepada orang lain.

Anda tidak perlu risau jika jenazah sampai dalam keadaan dengan kondisi yang tidak aman. Karena pihak PT IKE selalu memastikan jenazah dalam kondisi baik dan tiba dalam keadaan sebagaimana mestinya.

Dengan tim yang profesional dan pelatihan yang telah di berikan menjadikan tim PT IKE selalu berhati-hati dalam proses pengiriman. Anda hanya perlu mempercayakan pengiriman ini 100% kepada PT INDONE KARGO EKSPRESS.

3. Tarif Murah

Tarif pengiriman jenazah biasanya memang di patok dengan harga yang relatif tinggi karena jenazah yang sensitif apabila tidak diperlakukan dengan khusus. Namun PT IKE berani memberikan harga yang di bawah standart harga pengiriman. Dengan tarif murah yang ditawarkan dalam layanan ini bukan berarti tidak berkualitas.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas PT IKE selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk para customer. Jenazah juga dilindungi dengan asuransi sehingga apabila terjadi hal pada jenazah maka pihak keluarga dapat melakukan klaim asuransi. Tentunya hal ini akan diurus sesaat sebelum jenazah di kirim oleh cargo jenzah.

Cargo Jenazah Garuda Indonesia x PT IKE

Tinggalkan Balasan