You are currently viewing Cara Menghitung Kubikasi Untuk Pengiriman Paket
Cara Hitung Kubikasi Versi PT IKE

Cara Menghitung Kubikasi Untuk Pengiriman Paket

Prosedur di tiap jasa pengiriman memang bisa saja berbeda-beda, tapi intinya tetap sama, yaitu pertama-tama barang diukur terlebih dulu dengan cara menghitung kubikasi khusus, barulah setelahnya dihitung biaya pengirimannya berdasarkan ukuran barang tersebut.

Anda ingin mengirimkan barang-barang berharga tapi khawatir akan keamanannya?

Percayakan saja pada kami di PT Indone Kargo Ekspress yang sudah melayani banyak pengiriman selama lebih dari 15 tahun untuk semua pelanggan di seluruh Indonesia.

Kami juga menyediakan asuransi untuk pengiriman khusus yang rawan, misalnya pengiriman motor, mobil, hewan, jenazah, ataupun produk makanan beku.

Dengan adanya asuransi ini, Anda tak perlu khawatir barang yang dikirim akan rusak. Karena kami akan mengirimkan paket Anda dengan selamat!

Tahapan Pengiriman Barang, Mulai dari Cara Menghitung Kubikasi

Berikut adalah tahap-tahap pengiriman barang untuk kargo darat, laut, dan udara.

Sebelumnya perlu digaris bawahi bahwa, mungkin saja ada beberapa perbedaan untuk setiap jasa pengiriman.

Pengiriman barang yang memerlukan cara menghitung kubikasi khusus ini biasanya diperuntukkan untuk paket atau barang yang berukuran besar. Berikut tahap – tahap pengiriman barang :

1. Menentukan Ukuran Barang

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengukur ukuran panjang, lebar, dan tinggi dari barang yang akan dikirimkan.

Ukuran panjang, lebar, dan tinggi ini diukur dalam cm, dan nantinya diperlukan dalam cara menghitung kubikasi yang akan digunakan.

Untuk memudahkan, sebaiknya Anda mengemas barang dalam box atau kardus yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi yang jelas.

Jika barang yang akan Anda kirim bentuknya tidak memiliki ukuran yang jelas, sebaiknya kemas atau masukkan lagi ke dalam box atau kardus.

Nilai panjang, lebar, dan tinggi barang yang akan digunakan adalah yang diukur dari sisi terluar barang.

Jika Anda nantinya masih akan menggunakan packing kayu di bagian luar barang, biasanya pengukuran panjang, lebar, dan tingginya perlu ditambah beberapa cm.

Packing kayu diperlukan untuk melindungi barang-barang yang rawan seperti peralatan elektronik, barang pecah belah, dan sebagainya.

Bagi Anda yang sedang mencari jasa pengiriman jenazah yang aman dan terpercaya dengan jaminan asuransi, PT Indone Kargo Ekspress bisa menjadi pilihan yang terbaik.

Kami melayani pengiriman jenazah ke seluruh Indonesia dan luar negeri, bisa melalui kargo darat, laut, maupun, udara.

Kami juga akan membantu pengurusan dokumen-dokumen yang diperlukan hingga akhirnya jenazah bisa segera dikirimkan dan dikebumikan di tempat tujuan.

2. Menghitung Kubikasi Barang

Setelah didapatkan ukuran panjang, lebar, dan tinggi dari barang, langkah selanjutnya adalah menggunakan cara menghitung kubikasi.

Rumus menghitung kubikasi barang:

Dalam rumus di atas, simbol P adalah panjang barang, simbol L adalah lebar barang, dan simbol T adalah tinggi barang.

Karena semua ukuran panjang, lebar, dan tinggi menggunakan satuan cm, maka hasil akhir dari pengukuran kubikasi akan menghasilkan satuan cm3.

Sebagai catatan, rumus cara menghitung kubikasi di atas hanya digunakan untuk menghitung ukuran kubikasi dari satu buah barang saja.

Jika ada lebih dari satu barang dengan ukuran yang sama, maka tinggal dikalikan saja dengan jumlah barang yang akan dikirim.

Sedangkan jika ada banyak barang dengan ukuran yang beragam, maka ukuran kubikasinya tinggal ditambahkan saja.

Rumus untuk menghitung kubikasi di atas memang cukup sederhana, tapi jika Anda mengalami kendala atau kesulitan, biasanya pihak jasa pengiriman bisa membantu menghitungkannya.

Beberapa jasa pengiriman juga menyediakan kalkulator otomatis untuk mengukur kubikasi dan volume di website mereka.

Untuk Anda yang sedang mencari jasa pengiriman frozen food atau makanan beku yang berkualitas dan aman dengan harga yang terjangkau, PT Indone Kargo Ekspress menyediakannya secara khusus hanya untuk Anda.

Melalui PT Indone Kargo Ekspress, ada dua opsi yang tersedia untuk pengiriman frozen food atau makanan beku, yaitu via mobil khusus thermo king atau via udara.

Kedua cara pengiriman tersebut dijamin aman, dilengkapi asuransi, dan dipatok tarif yang sangat murah.

Tunggu apalagi, segera hubungi PT Indone Kargo Ekspress untuk keperluan pengiriman frozen food atau makanan beku Anda.

3. Menghitung Ongkos Kirim Barang

Langkah yang terakhir setelah menghitung kubikasi seperti di atas adalah mulai menghitung biaya pengiriman atau ongkos kirim barang.

Untuk menghitungnya, ada tiga hal yang perlu dipertimbangkan, yaitu ukuran barang per kubik, harga pengiriman ke alamat yang dituju, dan metode pengiriman yang dipilih.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengalikan hasil dari cara menghitung kubikasi di atas (dalam satuan cm3) dengan ongkos kirim per kubik ke alamat tujuan sesuai jenis pengiriman.

Perlu diingat bahwa biaya ongkos kirim per kubik ke lokasi tertentu bisa berbeda-beda tergantung jasa pengiriman yang Anda pilih.

PT IKE menyediakan jasa sewa truk khusus bagi Anda yang sedang butuh kendaraan besar untuk mengirimkan banyak barang dengan jarak pengiriman yang jauh.

Pelayanan sewa truk kami bisa menjangkau hingga seluruh wilayah di Indonesia, dan dijamin harganya terjangkau.

Mulai sekarang, tidak perlu pusing-pusing lagi mencari tempat persewaan truk yang terpercaya, segeralah hubungi PT Indone Kargo Ekspress untuk pemesanan.

Contoh Barang dengan Cara Menghitung Kubikasi yang Rumit

PT IKE sudah berpengalaman selama lebih dari 15 tahun melayani jutaan pelanggan dengan jutaan jenis barang yang perlu dikirimkan.

Kami melayani pengiriman berbagai jenis barang, bahkan yang mungkin agak sulit untuk dihitung ukurannya seperti beberapa contoh berikut ini:

1. Spare Part & Mesin

Contoh dari barang yang termasuk jenis ini adalah mesin traktor dan alat pertanian, mesin pabrik, mesin pompa, dan sebagainya.

Karena bentuknya yang biasanya tidak beraturan dan ukurannya yang besar, agak sulit untuk menghitung kubikasinya.

Meskipun begitu, kami sudah memiliki aturan pengukuran sendiri yang tetap menjamin Anda mendapatkan harga yang termurah dengan pelayanan yang maksimal.

2. Alat-alat Kesehatan

Untuk alat kesehatan yang berukuran besar, akan lebih mudah jika Anda membongkarnya menjadi beberapa bagian yang lebih kecil lalu dimasukkan ke dalam box atau kardus.

Box atau kardus memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi yang jelas sehingga akan lebih mudah untuk dihitung kubikasinya.

Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dulu secara gratis dengan tim kami yang sudah berpengalaman untuk mencari opsi yang terbaik supaya barang Anda tetap aman.

4. Alat Olahraga

Kebanyakan alat olahraga yang berukuran besar tidak bisa dibongkar dan dimasukkan ke dalam box.

Jika Anda ingin mengirim alat olahraga yang berukuran besar, seperti treadmill atau sepeda statis, segera hubungi PT Indone Kargo Ekspress untuk mencari opsi terbaik yang tidak akan membuat Anda rugi.

Apapun kebutuhan pengiriman Anda, PT Indone Kargo Ekspress akan selalu siap membantu Anda sampai barang Anda nantinya bisa sampai di tempat tujuan. Mulai dari cara menghitung kubikasi dan ongkos kirim, pengepakan barang, hingga pengiriman barang kami akan menghandle semuanya. Ditambah lagi, PT Indone Kargo Ekspress juga bisa memberikan harga yang termurah khusus untuk Anda!

Beri Penilaian

Tinggalkan Balasan