Asuransi Pengiriman Barang, Perlukah? [+PT IKE 2021]

Asuransi Pengiriman Barang, Perlukah? [+PT IKE 2021]

Perlukah asuransi pengiriman barang? Pada saat ini hampir semua orang sudah terbiasa dengan pengiriman barang, baik itu pengiriman yang masih berada di dalam kota maupun pengiriman dengan tujuan ke luar kota. Jenis barang yang dikirim pun bermacam-macam, mulai dari dokumen, baju dan barang-barang sederhana, hingga barang pecah belah sampai barang elektronik pun bisa dikirim melalui kurir. Ditambah lagi dengan makin meningkatnya kebiasaan belanja online maka kurir ekspedisi pun semakin sibuk untuk mengirimkan barang dari sana ke sini, bahkan di hari libur sekali pun.

Apabila barang yang Anda kirimkan merupakan barang yang tidak mudah rusak, maka tentunya Anda tidak akan merasa begitu khawatir saat mengirimnya asalkan Anda sudah mengemasnya dengan aman. Tetapi jika barang yang dikirimkan merupakan barang yang mudah pecah atau rusak Anda tidak hanya sekedar harus mengemasnya dengan aman saja.

Namun Anda juga akan membutuhkan asuransi pengiriman barang yang akan menjadi jaminan keamanan barang Anda tersebut. Tentunya untuk menggunakan asuransi tersebut Anda akan dibebani biaya tambahan saat pengiriman barang, namun biaya tersebut tidak akan begitu mahal sehingga Anda pasti tidak akan merasa keberatan. 

Pentingnya Asuransi Pengiriman Barang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa apabila Anda menggunakan asuransi pengiriman paket pada saat mengirimkan barang Anda, maka Anda akan membutuhkan biaya tambahan untuk membayar perlindungan yang diberikan asuransi tersebut. Biasanya ada beberapa jenis asuransi yang diberikan dan harganya tergantung dari manfaat yang diterima. Dengan asuransi maka setidaknya apabila ada kerusakan atau kehilangan barang, maka asuransi tersebut bisa mengganti kerusakan atau kehilangan tersebut. Namun tentunya saat terjadi hal demikian Anda harus mengajukan klaim pada asuransi pengiriman barang tersebut.

Baca juga : Asuransi Motor, Apa Saja Jenis dan Manfaatnya?

Namun apabila Anda tidak menggunakan asuransi pada saat pengiriman barang maka tidak ada jaminan ketika barang rusak atau bahkan hilang. Untuk itu sangatlah penting bagi Anda untuk menggunakan asuransi saat pengiriman barang. Perlu Anda ketahui, bahwa kurir ekspedisi tidak bisa sepenuhnya bertanggung jawab pada kerusakan atau kehilangan barang, maka dari itu sebagai bentuk antisipasi sebaiknya Anda gunakan asuransi pengiriman barang tersebut. Toh menggunakan asuransi tidak akan menambah terlalu banyak biaya. Hal yang paling penting adalah barang Anda bisa selamat sampai tujuan tanpa adanya kerusakan apalagi kehilangan.

Jenis Asuransi Pengiriman Barang

Sebagai proteksi atau perlindungan bagi barang Anda maka ada beberapa jenis asuransi pengiriman barang yang bisa Anda gunakan sesuai dengan jalur pengiriman barang Anda, berikut ini beberapa jenis asuransi pengiriman barang :

1. Asuransi Pengiriman Jalur Darat

Sesuai dengan namanya maka asuransi pengiriman barang yang satu ini merupakan asuransi yang digunakan untuk pengiriman jalur darat. Pengiriman jalur darat biasanya tidak hanya meliputi pengiriman barang di dalam pulau saja namun juga hingga ke luar pulau namun dengan tambahan pengiriman melalui laut atau udara.

2. Asuransi Pengiriman Jalur Laut

Apabila Anda mengirimkan barang Anda melalui jalur laut atau menggunakan kapal, maka Anda akan dikenai asuransi pengiriman barang dengan jenis jalur laut. Asuransi ini dikenakan apabila terjadi bahaya saat pengiriman jalur laut seperti misalnya kebakaran, pembuangan barang yang terpaksa dilakukan untuk menyelamatkan seisi kapal dan lain sebagainya. 

3. Asuransi Pengiriman Jalur Udara

Asuransi ini akan memberikan jaminan apabila terjadi kerusakan atau kehilangan pada saat pengiriman barang melalui jalur udara dengan menggunakan pesawat. Biasanya ada beberapa barang yang tidak bisa dikirim via udara karena alasan keselamatan, seperti misalnya barang yang mudah meledak, Anda perlu memperhatikan aturan ini agar tidak terjadi kesalahan yang merugikan banyak pihak.

Tips Memilih Asuransi Pengiriman Barang

Biasanya asuransi pengiriman barang itu memang sudah disediakan oleh jasa ekspedisi pengiriman barang yang Anda gunakan, namun jika Anda ingin lebih memastikan keamanan barang Anda, maka Anda bisa menggunakan asuransi pengiriman barang tambahan. Untuk Anda yang ingin memilih asuransi pengiriman barang maka berikut ini beberapa tips yang mesti Anda lakukan untuk memilih yang tepat :

1. Perhatikan Besaran Premi

Saat Anda hendak menggunakan asuransi pengiriman barang tambahan maka Anda perlu memperhatikan besaran premi yang dibebankan kepada Anda. Sesuaikan besaran premi dengan fasilitas yang bisa Anda dapatkan. Jangan sampai Anda sudah membayar premi yang besar tapi ternyata manfaat atau perlindungan yang bisa Anda dapatkan terlampau sedikit dan tidak sesuai dengan premi yang sudah Anda bayarkan.

Namun demikian jangan asal memilih asuransi yang menawarkan premi rendah, karena bisa jadi manfaat yang diberikan pun sama sekali tidak berguna dengan maksimal untuk perlindungan barang yang Anda kirim. Maka dari itu pastikan untuk membaca dengan seksama segala aturannya sebelum menggunakan asuransi tertentu.

2. Perhatikan Syarat Klaim

Tentunya Anda juga perlu memperhatikan syarat apa saja yang harus Anda kumpulkan ketika hendak melakukan klaim atas barang Anda yang rusak atau hilang. Sehingga dengan demikian Anda bisa dengan mudah melakukan klaim ketika sesuatu yang buruk terjadi.

Ada kalanya dalam syarat klaim tersebut, pihak asuransi mengharuskan Anda untuk melampirkan foto barang sebelum dikemas dan setelah dikemas. Jika Anda tidak mengetahui hal tersebut, maka tentunya akan sulit untuk melakukan klaim karena Anda tidak mengabadikan barang Anda dalam sebuah foto sebelum pengiriman. Biasakan baca dengan detail semua aturan yang ada pada asuransi pengiriman barang tersebut.

3. Perhatikan Proses Klaim

Selain syarat klaim barang, maka Anda juga perlu memperhatikan tentang proses klaim barang, tentunya jika proses klaim barang cepat dan mudah, Anda akan lebih mudah saat ada kerusakan atau kehilangan barang dalam pengiriman.

Memilih asuransi pengiriman barang dengan proses klaim yang cepat tentunya bisa menjadi pilihan yang sangat baik bagi Anda sebagai pengguna jasa. Dengan proses klaim yang cepat maka barang Anda yang rusak atau hilang bisa segera diganti dan Anda pun bisa segera mengirimkan ulang barang tersebut.

Dengan memperhatikan 3 hal itu saja dalam pemilihan asuransi pengiriman barang maka Anda sudah bisa mendapatkan asuransi pengiriman yang baik dan bertanggungjawab. Sekali lagi Anda harus membaca dengan teliti apabila ada ketentuan atau peraturan tertentu yang diberikan oleh perusahaan asuransi pengiriman barang tersebut. Sehingga Anda bisa mempersiapkan sejak awal untuk melakukan pengajuan klaim apabila ada kerusakan atau kehilangan barang. Dengan demikian proses klaim menjadi mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

Sering kali kesalahan dalam memilih asuransi pengiriman barang adalah karena Anda tidak teliti saat hendak memilih asuransi tersebut, dikarenakan ada terlalu banyak peraturan maka Anda menjadi tidak sanggup untuk membaca secara mendetail, padahal hal tersebut sangatlah penting agar tidak terjadi kesulitan saat Anda hendak melakukan klaim barang karena kehilangan atau kerusakan pada saat pengiriman barang dilakukan.

Beri Penilaian

Tinggalkan Balasan