Ragam Manfaat Ketika Menggunakan Asuransi Mobil Dengan Tepat

Ragam Manfaat Ketika Menggunakan Asuransi Mobil Dengan Tepat

Anda pasti tahu, bahwa asuransi mobil itu mempunyai peran yang sangat penting untuk melindungi mobil kesayangan Anda. Tapi walaupun demikian, masih banyak dari Anda yang sampai saat ini, masih ragu, akan aneka macam manfaat yang akan diterima ketika menggunakan layanan tersebut.

Manfaat Berdasarkan Jenis Produk

 Sebelum membahas tentang manfaat asuransi mobil, secara umum. Ada baiknya, jika mengenal manfaat asuransi mobil tersebut, dari jenis produk yang ditawarkan, antara lain :

1. Total loss only

Namanya adalah asuransi mobil Total Loss Only atau yang kerap disingkat jadi LTO. Manfaat asuransi yang satu ini, adalah ketika Anda mengalami kehilangan mobil akibat pencurian / perampasan, dan kerusakan mobil di atas 75%. Mengingat kerusakan di atas 75%, membuat mobil tidak dapat digunakan kembali.  

2. All risk

Berikutnya ada jenis asuransi mobil all risk, atau kerap juga disebut dengan asuransi kendaraan mobil comprehensive. Dimana ini adalah salah satu jenis asuransi yang paling disukai oleh semua kalangan.

Ada cukup banyak manfaat dari asuransi yang satu ini, yaitu memberikan perlindungan secara menyeluruh, dari resiko kerusakan besar hingga kerusakan kecil. Termasuk kerusakan akibat bencana alam atau juga kerusuhan.

Manfaat asuransi secara umum

Berikutnya adalah manfaat asuransi mobil terbaik secara umum, antara lain :

1. Adanya jaminan ketika terjadi kerusakan

Ini adalah manfaat asuransi mobil yang paling umum, yaitu memberikan perlindungan pada pemilik mobil atas kerugian yang terjadi. Akibat kerusakan atas sebuah perbuatan jahat, kebakaran, kerusakan ketika ada di atas kapal, dan hal lainnya. Dalam hal ini biasanya pihak penyedia asuransi akan bekerja sama dengan pihak bengkel. Baik itu bengkel authorized atau bengkel rekanan di seluruh wilayah di Indonesia.

Untuk cara klaim asuransi kendaraan jenis mobil ini juga tidak sulit, asalkan semua dokumen yang dibutuhkan lengkap.

2. Memberi perlindungan dari resiko kecelakaan

Siapapun pasti tidak ingin mengalami kecelakaan. Tapi dengan adanya asuransi seperti ini akan melindungi Anda dari resiko kecelakaan sejak dini. Asuransi ini akan memberikan proteksi pada Anda berupa, perlindungan pasca kecelakaan. Baik itu karena tabrakan, terbalik, benturan, mobil terperosok, tergelincir, atau yang lainnya. Mobil Anda yang rusak akan diperbaiki kembali.  

3. Memberi proteksi ketika terjadi kehilangan akibat pencurian

Manfaat lain dari asuransi mobil ini adalah untuk melindungi Anda akibat kehilangan dari aksi pencurian. Mengingat aksi pencurian mobil ini dapat menimpa siapa saja. Dengan mengikuti program asuransi seperti ini, mobil Anda yang hilang, akan diganti dengan unit yang baru, dan tentunya sama dengan mobil Anda yang telah hilang.

Sedangkan untuk proses pengajuan klaim, sebaiknya Anda didukung oleh bukti CCTV, dan juga bukti lain yang lebih lengkap, sebagai salah satu bukti laporan ke pihak berwajib.

Baca Juga

Jasa Pengiriman Mobil Keseluruh Indonesia Dilengkapi Dengan Asuransi

4. Membantu perencanaan keuangan dengan baik

Terutama untuk Anda yang mempunyai budget terbatas, sudah pasti mengikuti asuransi seperti ini terbilang penting. Dengan beragamnya biaya asuransi mobil yang ditawarkan, membuat rencana atau anggaran keuangan Anda tidak terlalu terganggu. Asalkan Anda memilih program atau jenis asuransi yang tepat, dan sesuai dengan keuangan Anda.

Jadi ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, mobil rusak dan yang lainya. Anda tidak akan merasa khawatir, karena semuanya sudah ditangani oleh pihak asuransi. Tidak ada lagi pengeluaran ekstra karena mobil Anda rusak, dan harus masuk bengkel.

5. Memberikan rasa nyaman

Manfaat lain ketika mengikuti program asuransi kendaraan mobil seperti ini, adalah mampu memberikan rasa tenang dan juga rasa nyaman. Maksudnya disini rasa nyaman dan tenang ketika berkendara. Cemas ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, ketika berkendara di jalan raya. Mulai dari tabrakan, ditabrak, diserempet, atau yang lainnya.

Anda akan merasa tenang, karena hal tersebut akan ditangani oleh pihak penyedia asuransi, dalam bentuk klaim.  

Jadi seperti yang dijelaskan di atas, dengan adanya informasi seperti ini, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang budget ekstra, ketika terjadi kecelakaan, mobil rusak akibat diserempet, atau yang lainnya.

6. Memberikan perlindungan lebih, terutama untuk pihak ketiga

Beberapa asuransi mobil juga menyediakan layanan perlindungan secara maksimal. Terutama ketika terjadi kecelakaan, dengan menawarkan bantuan hukum, jika melibatkan pihak ketiga. Selain itu beberapa asuransi mobil juga menawarkan layanan asuransi jiwa, sebagai salah satu proteksi tambahannya.

Sebagai tambahan, beberapa asuransi mobil, memberikan beberapa bonus, seperti bonus e-tool, voucher bahan bakar, dan aneka hadiah menarik lainnya.   

7. Adanya fitur tambahan

Berapa asuransi mobil juga menyediakan fasilitas tambahan menarik untuk para nasabahnya. Terutama ketika Anda membutuhkan layanan tambahan secara darurat, seperti fasilitas derek mobil, baik itu kehabisan bahan bakar, atau ban mobil bocor. Atau bahkan garansi kerja bengkel selama 24 jam, untuk membantu Anda yang mengalami masalah darurat pada mobil.

8. Bebas dari pihak ketiga

Lain halnya ketika Anda mengalami kecelakaan tunggal. Dimana pihak asuransi mobil, hanya akan menanggung Anda sebagai pihak yang mengalami kerusakan. Tapi bagaimana jadinya ketika ada Anda secara tidak langsung melibatkan orang lain, sebagai akibat dari kecelakaan tersebut. Yang membuat Anda harus menanggung akibat dari kecelakaan tersebut.

Dengan adanya layanan asuransi untuk pihak ketiga ini, membuat para nasabah, tidak hanya memperoleh klaim untuk kerusakan yang terjadi pada mobil sendiri, namun juga membiayai pihak ketiga.

Sedikit banyak, hal-hal seperti ini akan meringankan beban Anda. Terutama ketika harus bertanggung jawab pada pihak ketiga tersebut. Adapun layanan ini sendiri termasuk biaya perbaikan mobil, dan juga perawatan medis.    

9. Bebas biaya ekstra

Tidak dapat dipungkiri, bahwa yang namanya kerusakan, tidak hanya terjadi akibat kecelakaan lalu lintas saja. Ada kalanya kerusakan bisa terjadi akibat bencana alam, mulai dari banjir, gempa bumi, longsor, atau bahkan aksi vandalisme.

Layanan asuransi yang tepat, ternyata akan membantu Anda dalam memberikan proteksi terhadap kondisi seperti yang disebutkan di atas. Yang secara tidak langsung membuat Anda merasa lebih nyaman, ketika menggunakan kendaraan tersebut.   

10. Jadi sarana investasi

Tidak dapat dipungkiri, bahwa dengan menggunakan layanan asuransi mobil seperti ini akan melindungi mobil Anda untuk jangka panjang. Jadi secara tidak langsung, berbagai komponen yang ada di dalam mobil tersebut juga ikut terjaga, yang membuat nilai jual mobil Anda akan tetap stabil di pasaran.

11. Adanya asuransi mobil khusus

Hal lainnya yang bisa dibilang jarang orang ketahui adalah, adanya layanan asuransi mobil secara khusus. Maksudnya adalah memberikan proteksi terhadap beberapa bagian pada mobil tertentu, seperti pada mesin, tanggungan terhadap pengemudi, adanya layanan bebas derek, termasuk adanya layanan perbaikan kerusakan selama 24 jam.

Terbilang cukup sepele, namun hal ini mampu membuat Anda nyaman ketika berkendara, terutama ketika berkendara jarak jauh.

Dari ulasan di atas, asuransi kendaraan mobil ternyata memang mempunyai banyak sekali manfaat untuk Anda. Jadi pastikan, Anda memilih jenis asuransi mobil secara tepat, dan pastinya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tinggalkan Balasan