You are currently viewing Manfaat Asuransi Kesehatan Karyawan

Manfaat Asuransi Kesehatan Karyawan

Adanya asuransi kesehatan karyawan ini memang memiliki peran untuk memberikan perlindungan diri dan meringankan karyawan juga apabila sedang membutuhkan pengobatan. Maka dari itu banyak perusahaan akan memberikan fasilitas kesehatan yang akan mendukung kinerja dari para karyawan.

Bahkan tidak hanya perusahaan milik negeri saja yang menyediakan asuransi, namun berlaku juga diterapkan asuransi kesehatan karyawan swasta. Asuransi yang disediakan oleh perusahaan ini juga beragam. Misalnya terdapat beberapa asuransi yang dapat dipotong dari gaji karyawan dan ada juga asuransi yang diberikan total. Hal ini mungkin disesuaikan dengan pengobatan yang dilakukan.

Apa itu Asuransi Kesehatan Karyawan ?

Secara singkat arti dari asuransi ini merupakan sebuah sistem, tindakan maupun bisnis yang akan bertanggung jawab pada setiap kecelakaan, kesehatan, kematian maupun kehilangan yang tidak terduga. Hal ini tentunya memberikan sebuah kerugian baik jiwa, properti maupun kesehatan.

Asuransi kesehatan sendiri merupakan asuransi yang akan menangani beberapa masalah kesehatan seperti adanya penyakit maupun menanggung biaya proses perawatan pada karyawan. Biasanya, biaya yang dapat ditanggung oleh perusahaan ini seperti kecelakaan, sakit, cedera hingga kematian. 

Sehingga adanya asuransi kesehatan ini dapat membantu penjagaan sebelum terjadinya hal yang tidak diinginkan. Namun memang beberapa orang masih ada yang tidak memperdulikan asuransi kesehatan karena belum paham mengenai arti maupun manfaat yang didapatkan.

Manfaat Asuransi Kesehatan Karyawan

Adanya asuransi kesehatan ini memang akan memudahkan kalian dalam melakukan proses pengobatan maupun perawatan. Sehingga bagi seorang karyawan, sangat perlu diketahui manfaat yang akan didapatkan yaitu:

1. Meminimalisir Resiko Kerja

Asuransi kesehatan ini bagi karyawan akan membantu mencegah resiko kerja seperti adanya kecelakaan kerja, sehingga juga meminimalisir kerugian pada perusahaan. 

Karena setiap pekerjaan pastinya terdapat resiko, apalagi bekerjanya di area luar atau berada di lapangan yang memiliki resiko lebih besar. Dan kita juga tidak bakal mengetahui kapan kecelakaan tersebut terjadi, sehingga adanya asuransi ini membantu untuk selalu waspada, membuat lebih nyaman dan aman. 

2. Meningkatkan Kinerja

Selain itu, adanya asuransi kesehatan karyawan ini juga dapat meningkatkan produktivitas kinerja dari karyawan. Hal ini akan memberikan perasaan lebih nyaman dan aman, sehingga meningkatkan semangat kinerja dari para karyawan.

3. Lebih Bijak Dalam Mengatur Keuangan

Setiap perusahaan yang sudah menerapkan adanya asuransi kesehatan ini tentunya sudah menetapkan premi maupun biaya yang dibebankan oleh para karyawan. Sehingga dapat memberikan pengaruh kepada karyawan untuk lebih bijak dan tidak sembarangan dalam mengelola keuangan.

Sehingga adanya asuransi kesehatan ini bisa membuat kalian lebih bisa menyisihkan gaji untuk keperluan lainnya maupun untuk investasi lainnya.

4. Kualitas Pelayanan yang Lebih Baik

Kemudian yang tak kalah pentingnya saat kamu sudah mendapatkan asuransi kesehatan yaitu bisa mendapatkan kualitas pelayanan yang lebih baik. Sehingga memberikan solusi bagi kalian agar tidak perlu mengantri lama dan cepat mendapatkan layanan pengobatan maupun perawatan. Biasanya dapat dipastikan juga kalian akan mendapatkan pelayanan yang berkualitas baik dari rumah sakit. 

5. Mendapatkan Beragam Jenis Perawatan

Saat kalian mendapatkan asuransi kesehatan karyawan dari perusahaan, biasanya terdapat beberapa jenis perawatan yang akan didapatkan dan sesuai dengan perjanjian pada polis. Selain itu, juga adanya batas biaya perawatan yang sudah ditentukan sebelumnya. Secara umum terdapat beberapa jenis perawatan yang akan diberikan yaitu:

  • Rawat Inap, yang biasanya dapat terjadi karena mengalami musibah penyakit maupun kecelakaan kerja yang akan membutuhkan perawatan dan harus menginap di Rumah Sakit.
  • Rawat Jalan, ini juga biasanya berlaku bagi karyawan yang hanya memerlukan pengobatan dan dirawat diluar rumah sakit. Sehingga hanya membutuhkan rawat jalan saja.
  • Melahirkan, sedangkan jenis asuransi ini biasanya juga berlaku bagi karyawan laki-laki yang memiliki istri yang sedang hamil. Tentunya disesuaikan juga dengan perjanjian asuransi, karena tidak semua perusahaan menawarkan jenis asuransi ini.
  • General Check up, ini biasanya juga digunakan untuk mengganti biaya pemeriksaan kesehatan yang juga disesuaikan dengan jenis asuransi yang diberikan.

Hal-Hal yang harus Diperhatikan Dalam Memilih Asuransi Kesehatan Karyawan Bagi Perusahaan

Bagi perusahaan, menerapkan asuransi kesehatan karyawan ini sangat penting untuk meningkatkan kinerja karyawan setiap harinya Namun untuk menentukan perusahaan asuransi yang akan dipilih, sebaiknya kalian memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Mengecek Kredibilitas dari Perusahaan

Dalam menentukan asuransi perusahaan yang akan dipilih, sebaiknya ada perlu mengecek kredibilitas dari perusahaan. Hal ini juga berguna untuk meminimalisir adanya kerugian apabila layanan yang diberikan tidak sesuai maupun tidak profesional.

Sehingga penting sekali untuk melakukan riset dan mencari informasi mengenai kredibilitas perusahaan tersebut. Hal ini juga akan mempermudah kalian menemukan perusahaan asuransi yang memiliki testimoni yang bagus maupun sudah cukup dikenal oleh masyarakat.

2. Menyesuaikan dengan Kebutuhan

Untuk lebih memastikan pilihan, sebaiknya kalian memahami semua perusahaan asuransi kesehatan dengan baik yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Kalian bisa melihat jenis-jenis asuransi kesehatan yang ditawarkan dan juga fasilitas yang disediakan oleh perusahaan tersebut. Sehingga kalian bisa memastikan semuanya sesuai dengan kebutuhan kalian.

3. Mempertimbangkan Rumah Sakit Rujukan

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya yaitu mengetahui rumah sakit yang akan digunakan sebagai rujukan. Sebisa mungkin kalian menanyakan mengenai pilihan rumah sakit yang disediakan, sehingga kalian juga bisa menentukan kualitas yang akan didapatkan. 

Selain itu juga perusahaan asuransi kesehatan karyawan terbaik ini dapat digunakan di banyak rumah sakit, yang akan memudahkan kalian untuk melakukan pengobatan. Baik dari permasalahan jarak apabila terjadi suatu kendala ataupun kecelakaan yang tiba-tiba terjadi.

4. Mengetahui Sistem Pembayaran

Pastikan juga sistem pembayaran yang digunakan ini memudahkan perusahaan dalam melakukan proses pembayaran. Kalian bisa memilih jenis biaya yang pembayaran dilakukan setelah menjalani perawatan di rumah sakit. Sistem pembayaran ini dikenal dengan klaim menggunakan kartu nasabah yang memiliki fungsi seperti kartu ATM pada saat belanja.

Kalian juga bisa menggunakan klaim kedua berupa reimbursement dengan sistem pembayaran di awal saat karyawan kalian sedang mendapatkan perawatan di rumah sakit. Setelah itu kalian dapat mengurus kembali proses pengembalian dana yang sudah dibayarkan kepada pihak asuransi. 

5. Memperhatikan Plafon Maupun Premi 

Sebelum kalian menentukan perusahaan asuransi yang diberikan, pastikan untuk mengetahui premi dan plafon. Output yang berasal dari iuran yang sudah dibayarkan secara rutin ini disebut dengan plafon. Sedangkan premi ini merupakan iuran yang wajib dibayarkan setiap bulan maupun setiap tahun yang disesuaikan dengan perjanjian awal. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada besarnya plafon yang didapatkan ini akan sebanding dengan tingginya premi yang akan dibayarkan untuk biaya perawatan saat di rumah sakit. Secara umum biaya asuransi kesehatan karyawan ini berkisar antara 10-15 persen. Dan pastikan juga biaya premi yang dibayarkan ini tidak terlalu besar.


Info Jasa Pengiriman Barang Termurah dan Terlengkap silahkan menghubungi PT Indone Kargo Ekspress

Beri Penilaian